11 Agustus 2014

Filled Under:

Pendapat tentang dihapuskanya bidang study TIK untuk SMP


Dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Pelajaran/Bidang Study TIK (Tehnologi Informasi dan Komunikasi) di hapus/ditiadakan.
MMMM,,,,,Gimana Pendapat Anda....??

56 komentar:

  1. Saya tidak setuju, menurut saya mskipun di zaman skarang yg canggih dan modern TIK tetap dibutuhkan. Memang kita bisa memahami bahasa teknologi dgn baik, apalagi jika kita sudah memahami bahasa inggris. Tetapi apakah anak diumur 13th kebawah bisa memahami itu semua? . Belum lagi di tahun" depan teknologi akan berkembang pesat dan luas, google juga pasti akan mengeluarkan gadget dan smartphone yg lebih canggih lagi.
    Kemudian jika dilihat dari segi kemanusiaannya, bagaimana para pengajar TIK yang sudah ada? Apakah mereka yg sudah bersusah payah mencari dan mengerjakan ilmunya harus kehilangan mata pencaharian karena pelajaran TIK dihapus? Sekian pendapat sayaa...
    Deurucci Sabda/9A/07

    BalasHapus
  2. Saya tidak setuju, menurut saya mskipun di zaman skarang yg canggih dan modern TIK tetap dibutuhkan. Memang kita bisa memahami bahasa teknologi dgn baik, apalagi jika kita sudah memahami bahasa inggris. Tetapi apakah anak diumur 13th kebawah bisa memahami itu semua? . Belum lagi di tahun" depan teknologi akan berkembang pesat dan luas, google juga pasti akan mengeluarkan gadget dan smartphone yg lebih canggih lagi.
    Kemudian jika dilihat dari segi kemanusiaannya, bagaimana para pengajar TIK yang sudah ada? Apakah mereka yg sudah bersusah payah mencari dan mengerjakan ilmunya harus kehilangan mata pencaharian karena pelajaran TIK dihapus? Sekian pendapat sayaa...
    Deurucci Sabda/9A/07

    BalasHapus
  3. Saya tidak setuju, menurut saya mskipun di zaman skarang yg canggih dan modern TIK tetap dibutuhkan. Memang kita bisa memahami bahasa teknologi dgn baik, apalagi jika kita sudah memahami bahasa inggris. Tetapi apakah anak diumur 13th kebawah bisa memahami itu semua? . Belum lagi di tahun" depan teknologi akan berkembang pesat dan luas, google juga pasti akan mengeluarkan gadget dan smartphone yg lebih canggih lagi.
    Kemudian jika dilihat dari segi kemanusiaannya, bagaimana para pengajar TIK yang sudah ada? Apakah mereka yg sudah bersusah payah mencari dan mengerjakan ilmunya harus kehilangan mata pencaharian karena pelajaran TIK dihapus? Sekian pendapat sayaa...
    Deurucci Sabda/9A/07

    BalasHapus
  4. tidak setuju,karena bagaimana nasib pengajar pelajaran TIK kalau dihapus. Dia akan mengajar apa, terus bagaimana dengan mereka yang sudah mendapat sertifikasi..
    Tetapi guru TIK tidak akan dipecat dan haknya juga tetap karena bisa mengajar mata pelajaran yang lainnya,sebagai guru TIK harus bisa mengajar mata pelajaran lainnya..
    Kurikulum baru pasti tidak disukai oleh para murid tetapi ada yang suka dengan kurikulum 2013,karena mata pelajaran TIK dihapus dan sebagaian ada yang tidak bisa,seperti murid murid dipedesaan yang tidak pernah bermain di warnet sedangkan murid murid di kota hampir setiap hari bermain di warnet,sekian tidak persutujuan saya tentang dihapusnya mata pelajaran TIK

    M.Nurifaldi \ 18 \ 9C

    BalasHapus
  5. saya setuju dikarenakan masih banyak pelajaran lain yang harus kita pelajari seperti;MTK,IPS,IPA,B.Inggris,B.Indonesia,PKN. akan tetapi bukan berarti pelajaran TIK itu tidak penting,kita bisa mendapatkannya dari luar sekolah atau belajar sendiri.

    Kata teman-teman ,banyak orang di desa yang tidak mengetahui tentang pel.TIK,akan tetapi menurut saya mereka juga akan mengetahui tentang TIK karena kemajuan zaman yang akan terus berkembang,Dengan begitu kita akan terpaksa dengan mengikuti kemajuan zaman.

    Jika pelajaran TIK tetap ada pada pelajaran sekolah,bagi saya itu dapat membuat terlalu banyak mata pelajaran ,yang membuat siswa tidak fokus pada pelajaran yang benar-benar harus dipelajari.Dan pelajran TIK menurut saya semua orang telah bisa,walaupun tidak sedetail yang ada dipelajaran sekolah.

    kalau kita bener-bener mau khusus bisa pel,TIK , kita bisa sekolah di SMK dan mengambil jurusan TKJ.



    Maghfiroh R/20/IXC

    BalasHapus
  6. saya sangat tidak setuju dengan penghapusan pelajaran TIK pada kurikulum 2013 karena banyak orang bilang kalau diberi banyak materi akan membuat murid pusing tetapi kenapa pada kurikulum 2013 malah diberi tambahan jam dan pelajaran asyik seperti TIK dihapuskan. Padahal, pelajaran TIK bukan hanya mempelajari microsoft office word,exel, dll. Tetapi bisa mempelajari lebih luas seperti Desain grafis,multimedia yang bermanfaat untuk kurikulum itu. Jadi menurut saya sangat disayangkan jika pelajaran TIK yang asyik ini dihapus dalam kurikulum baru.

    Dicky Fattah/9A/08

    BalasHapus
  7. komentar saya pak

    saya menganggap penghapusan tik tidak seharusnya dilakukan.karena banyak penduduk indonesia yang tidak mengetaui ttg teknologi pak.
    bahkan banyak teknologiyang masuk diindonesia bukan dari bangsa indonesia itu sendiri

    bangsa indonesia telah menjadi bangsa yang berkembang, salah satunya adalah teknologi, kalau misalnya tik dihapus, bagaimana menjadikan indonesia sebagai negara maju?

    indonesia pasti akan kalah saing dengan negara negara lain pak.

    menurut saya mentri pendidikan terlalu luwes dalam mengambil keputusan, apa teknolgi itu hanya soal game online? apa teknologi itu hanya soal membuka menutup laptop? tidak teknologi dapat dikembangkan menjadi banyak teknologi2 lain.

    saya hanya berpikir, bagaimana nasib anak cucu kita 5 atau 15 tahun mendatang? apa mereka dapat menciptakan teknologi tanpa adanya pelajaran tik???????????


    nama : fizah afifah
    kelas 9b
    absen : 13

    BalasHapus
  8. saya tidak setuju ,meskipun banyak orang yang tidak mengetahui tentang ilmu tekhnologi akan tetapi ilmu TIK sangat penting .pelalajaran TIK kadang memang ada yang sulit tetapi belajar TIK sangat asyik dan tidak perlu dihapuskan .Tanpa belajar ilmu tekhnologi kita tidak dapat mengetahui tentang cara memakai komputer dengan baik dan benar .Memang TIK tidak terlalu penting akan tetapi ilmu tekhnologi harus tetap dipelajari tidak diremehkan .
    Dan dimana juga nasib guru TIK yang hanya mengambil jurusan ilmu tekhnologi saja ,tentu saja saya tidak setuju ,kita harus memikirkan masa depan ,masa depan yang akan datang ,bagaimana nasib anak cucu kita bila ilmu TIK dihapuskan ,tentu saja mereka tidak akan mengetahui tentang pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi .

    BalasHapus
  9. saya tidak setuju karena tidak semua siswa pelajar dapat mengetahui tentang pelajaran tersebut.
    dan tiadak semua siswa dapat mengetahui tentang kmputer.
    saya mengerti internet karena saya belajar dari T.I.K
    memeng TIK itu materinya diulang-ulang akan tetapi itu sangat bermanfaat bagi semua plajar.
    karena materinya diulang-ulang agar siswa bisa mengerti dengan apa yang diajarkan .
    seharusnya kurikulum 2013 TIK tidak dihapuskan karena tidak semua orang bisa blajar TIK.
    jangan sampai negara kita kala dengan negara lain hanya gara-gara pelajaran TIK dihapuskan.
    pokoknya saya tidak setuju kalau pelajaran TIK dihapuskan .

    Riski Supriyeti/9E/34




    BalasHapus
  10. Saya tidak setuju ,meskipun pelajaran TIK tidak terlalu penting akan tetapi harus tetap dipelajari dan tidak perlu dihapus .Tanpa ilmu TIK kita tidak dapat mempelajari cara-cara memakai komputer dengan baik dan benar .Dan juga ilmu TIK tidak seharusnya diremehkan ,meskipun sekarang zaman modern akan tetapi masih banyak orang-orang yang tidak bisa mengaplikasikan komputer dengan baik .
    Kita harus memikirkan masa yang akan datang ,bagaimana nasib anak cucu kami bila pelajaran TIK dihapus ....??
    Dan kita harus memikirkan nasib guru TIK yang hanya mengambil jurusan teknologi saja ,untuk itu guru TIK harus bisa mengajar mata pelajaran lainnya ,
    jangan sampai negara kita kalah dengan negara lain hanya karna pelajaran TIK dihapus .
    Khusnul Khotimah/9E/21

    BalasHapus
  11. saya tidak setuju dengan penghapusan mata pelajaran TIK,karena mata pelajaran TIK sangat penting bagi generasi penerus bangsa Indonesia.Dengan berkembangnya zaman dan bertambah canggihnya teknologi,saya rasa mata pelajaran TIK sangat berguna bagi bangsa indonesia yang sedang dalam masa pembangunan untuk memajukan bangsa indonesia dalam berbagai bidang.

    mentri pendidikan tidak seharusnya menghapus pelajaran TIK tapi malah harus di kembangkan agar masyarakat lebih tau mengenai
    tehnologi.karena tehnologi tidak hanya tentang internet dan microsoft word dan tehnologi saat ini terus dikembangkan.

    karena tehnolgi bisa mencakup berbagai hal,tapi bagaimana jika TIK dihapus,apakah indonesia bisa maju?.tapi bagaimana bangsa indonesia bisa maju jika generasi mudanya tidak mengetahui tentang tehnologi yang saat ini terus berkembang.

    jadi,menurut saya keputusan mentri pendidikan sangat di sayangkan tentang dihapusnya pelajaran TIK dari kurikulum yang baru ini.




    Akhmad budi f. p. / 9b /04

    BalasHapus
  12. saya tidak setuju jika TIK di hapuskan, karena masih banyak generasi muda yang membutuhkan TIK, terutama bidang teknologi. karena dengan berkembangnya zaman apalagi di zaman modern kini teknologi terus berkembang. Banyak generasi muda lain yang ingin mwmbutuhkan pengetahuan tentang teknologi, Kalau teknologi di hapus, bagaimana dengan generasi yang lain ?? dan generasi yang akan datang ? dan belum tentu mereka tau tentang Tik. Seiring dengan berkembangnya zaman pasti teknologi juga semakin berkembang, butuh bnyak pengetahuan-pengetahuan lain yang harus kita tambah lagi. Aoalagi Tik sangat di butuhkan oleh semua orang untuk mempermudah dalam bekerja, Pelajar seperti saya pun juga masih membutuhkan pemahaman lagi tentang Tik, Jadi saya tidak setuju jika Tik harus d hpus,
    Sekian terimah kasih :)

    Umi masruro/9b/35

    BalasHapus
  13. saya tidak setuju. apabila tik di hapus karena penduduk indonesia belum ada yang mengenalnya tik. menurut saya pelajaran tik sangat penting dan sangat canggih. apabila tik di hapus semua orang tidak akan mengenalinya tentang internet dan cara cara penggunaan internet. internet bisa untuk berkomunikasi dengan sesama masyarakat yang lainnya.
    tetapi teknologi informasi dan komunikasi sangat pentingnya yang kita harus pelajarinya dan untuk mengenalnya mengapa mentri pendidikan terlalu luwes dalam menggambil keputusan, apa teknologi hanya untuk game online saja? tetapi banyak teknologi yang sangat penting kita pelajarinya.

    jadi menurut saya tik jangan di hapus?????????

    M. Khahfi khoirul .f./9b/19

    BalasHapus
  14. saya berpendapat, saya tidak setuju,,
    karena,, masih banyak orang orang yang kurang tahu tentang teknologi, cara berkomunikasi dengan cara orang orang masa kini

    dan yang mereka tahu hanyalah mengetik, dan apalah
    sedangkan cara cara berkomunikasi masa kini ,, mereka banyak yang tidak tahu,,

    kalau pelajaran TIK di hapus,, kapan indonesia bisa menjadi negara maju???
    dan untuk para generasi muda yang akan lahir 10 atau beberapa tahun lagi,, bagai mana nasib mereka???
    jika TIK di hapus, indonesia akan ketinggalan zaman,,
    masa mau sihh, indonesia jadi negara yang tertinggal dengan negara lain yang sudah pada canggih?
    ga mau kan,,

    saya pun masih butuh pelajaran TIK,, dan saya yakin begitu pun dengan orang orang lainnya

    retno aditya wardani / 9b / 30

    BalasHapus
  15. saya tidak setuju jika TIK dihapus karena mapel TIK sangat diperlukan untuk siswa karena mapel TIK tidak hanya mempelajari tentang microsoft word,exel,ataupun microsoft powerpoint tetapi pelajaran TIK juga mempelajari tentang bagaimana menggunakan komputer yang benar.jika TIK dihapus
    Bagaimana jika kita ingin mengetahui cara memakai komputer yang baik.jika pelajaran TIK dihapus bagaimana kita mengetahui cara memakai/membuat sowtware yang belum kita ketahui.bagaimana negara indonesia mau maju kalau anak bangsanya tidak tahu cara memakai/mempergunakan teknologi jika tidak diajarkan di sekolah
    bagaimana anak cucu kita nanti 10 atau 20 tahun kedepan jika TIK dihapus tentu mereka tidak tahu tenteng pelajaran TIK


    NOVAL AFIF AL-AYUBI/31/9E

    BalasHapus
  16. Pendapat saya, saya tidak setuju jika TIK akan dihapuskan karena TIK adala salah satu mata pelajaran yang banyak diminati dan jika TIK akan dihapuskan maka siswa tidak akan aktif dalam meng- update berbagai pengetahuan yang didapatkan ,banyak anak yang masih membutuhkan TIK meskipun dia sudah tau bagaimana cara mengoprasikannya.Tetapi di pedesaan prasarana komputer kemungkinan besar tidak ada / tidak memadai, bagaimana bisa berargumen ? berbeda dengan kota kota besar yang memang sudah sedikit maju teknologinya dengan fasilitas fasilitas yang ada

    TIK sebenarnya dibutuhkan ,tetapi bukan hanya untuk bagaimana mengoprasikan Ms. Word, Ms. Office, Ms. Power Point dan yang berhubungan dengan pendasaran pelajaran TIK. Tetapi mengenal dengan suatu sarana yang mempunyai pengetahuan yang luas untuk mengembangkan kreatifitas,imajinasi dan lain lain. Penghapusan TIK merupakan langkah mundur bagi pendidikan nasional dan memperburuk masa depan Indonesia di dunia era globalisasi,tandanya Indonesia kemungkinan akan tertinggal perkembangan teknologi yang terus update

    sekian pendapat dari saya
    Egi veren nabilla / 9B / 12

    BalasHapus
  17. Saya tidak setuju, karena TIK adalah pelajaran yang mengasyikkan. Selain itu dengan pelajaran TIK kita dapat menambah wawasan tentang cara menggunakan computer dan aplikasi sosial lainnya. Selain itu tidak sedikit pula masyarakat yang belum dapat menggunakan computer dan aplikasi social. Oleh karena itu dengan adanya pelajaran TIK ini, perlahan masyarakat akan tahu bagaimana cara menggunakannya dan apa saja manfaatnya.


    Karina Dewi M / 9E / 20

    BalasHapus
  18. nia dewi cahyanti/26/9a19 Agustus 2014 pukul 08.12

    Saya tidak setuju jika tik di hapuskan dlm jenjang smp dan sma. Karena menurut saya, tik di jaman skrg sangatlah penting bagi orang2 dan masyarakat di seluruh dunia. Jaman sekarang sudah berbeda dengan jaman dlu. Tekhnologi informasi sekarang sudah berkembang pesat. Menurut saya, jaman skrg lbh di tuntun untuk bsa menggunakan sistem di dlm komputer krna dlm dunia pekerjaan kita pun di tuntun untuk bsa mengoperasikan sistem komputer. Maka dari itu saya tidak setuju jika tik di hapuskan krna lbh baik belajar dr kecil untuk bisa mengoperasikan komputer supaya nanti suatu saat kita bsa lbh pandai menggunakan sistem komputer trsebut. Karna anak kecil jaman sekarang pun sudah pandai2 dalam penggunaan sistem dr komputer.

    BalasHapus
  19. Saya tidak setuju karena banyak siswa siswi yang kurang mengerti komputer apa lagi orang pedalaman yang belum mengenal teknologi dan komunikasi dan bukan hanya ms. office dan ms. Power point saja yang dibahas tetapi masih ada mengedit video membuat disain grafis dan membuat disain 3D seperti membuat pesawat tempur itu pendapat saya terima kasih
    Rizal Hanifur Rizqi / 35 /9E

    BalasHapus
  20. menurut saya , saya tidak setuju apabila pelajaran TIK di hapus karena belum tentu semua siswa bisa memainkan komputer .
    saya pun belum terlalu mengerti tentang komputer

    maka dari itu saya tidak setuju.. dan masih banyak lagi anak2 seperti saya di indonesia,,
    mereka pun masih butuh banyak bimbingan tentang komputer ,, untuk memajukan negara indonesia
    sampai kapan indonesia akan tertinggal dengan negara lain???????????

    devi susilowati / 9b / 10

    BalasHapus
  21. Menurut saya,saya tidak setuju karena mata pelajaran tik sangat bermanfaat bsgi semua orang.bicara tentang tik, tik bukan hanya m.word,m.exel,m.power point.tik juga berguna untuk semua hal yang kita lakukan contoh mengedit foto di adobe pbotoshop,mengedit video,bermain game dan masih baaaanyak hal lagi yang bisa dilakukan mapel tik.bicara tentang tik, sayang kalau pelajaran tik akan dihapus, selain untuk mencerdaskan orang tik juga bermanfaat untuk kemajuan bangsa kalau pelajaran tik tidak dihapus bayangkan bangsa kita akan maju & tidak akan ketinggalan TEKHNOLOGI dari bangsa-bangsa lain.

    Agil prasetyo/9E/01

    BalasHapus
  22. saya tidak setuju,karena yang terpenting di era globalisasi ini adalah memberikan pelajaran dan panduan bagi anak agar tidak gagap teknologi/gaptek,mampu menggunakan alat teknologi informasi secara baik dan benar,mampu berinternet secara sehat dan beretika,mencari informasi-membagi informasi secara baik,dll, memiliki program memajukan anak secara berkesinambungan.Saat SD diberikan pelajaran tentang MS-Office dan pengenalan internet sederhana.Pemerintah perlu tahu bahwa internet bukan hanya game online dan jejaring sosial.
    Di Indonesia ini penggunaan internet sangat tinggi,namun pantas disayangkan bahwa penggunaannya 90% hanya untuk main game online dan jejaring sosial.Ini menunjukkan tingkat pendidikan yang masih rendah,sehingga multimedia tidak dimanfaatkan secara maksimal.
    Menurut pendapat saya,kurikulum terbaik adalah kurikulum RSBI/SBI karena benar-benar sesuai dengan perkembangan zaman. Fadil / IX E / 12

    BalasHapus
  23. saya tidak setuju, karena klo emang TIK di hapus harusnya di perkuliahan jurusan Teknik informatika juga di hapus,TIK tingkat SMP dan SMA adalah dasar dari teknik informatika di bangku kuliah,klo tidak punya dasar ilmu TIK waktu kuliah ya plongak-plongok alias tulalit!!
    saya sangat tidak setuju dengan argumen anda,PAYAAAAAAAh!!!mau dibawa kemana bangsa ini klo semua anak SD,SMP,SMA n guru klo smuanya pada gaptek. Ibnu Habby A / IX /18

    BalasHapus
  24. Tidak setuju, karena tidak semua pelajar sudah memahami tata cara mengoprasikan komputer dengan benar. oleh karena itu pelajaran TIK masih di perlukan terutama dalam belajar mengoprasikan bagian dasar dari komputer seperti Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft Power Point.

    Selain itu pelajaran TIK juga berpengaruh pada pelajaran lain seperti pembuatan Makalah dan juga sebagai presentasi yang menggunakan Microsoft Power Point. JIka Menteri Pendidikan resmi menghapus pelajaran TIK. Dari mana kita memperoleh pelajaran TIK? Apakah kita harus kursus di tempat lain yang harus mengeluarkan biaya tambahan.

    Meskipun banyak efek negatif dari penggunaan teknologi tetapi masih lebih banyak efek positifnya. Kita jangan terlalu memandang efek negatifnya dari pelajaran TIK karena pelajar Indonesia masih memerlukan pelajaran TIK untuk kemajuan bangsa yang lebih baik.

    PUTRI NUR NADIFAH/ 9E/ 33

    BalasHapus
  25. pendapat saya, saya tidak setuju jika mata pelajaran TIK dihapus karena pelajaran TIK ini adalah pelajaran yang menyenangkan. kita bisa mengetahui cara kerja komputer, mengoprasikan microsoft exsel, mengatur aplikasi yang ada dikomputer, lalu bagaimanakah pelajaran yang sangat diminati oleh para siswa ini menjadi hilang. mereka hanya bisa mengaksesnya dan tidak mengetahui bagaimana manfaatnya. bahkan Kasihan anak anak yang tinggal didesa yg mungkin belum mengetahui apa itu internet, computer, mungkin pelajaran TIK bagi anak yg tinggal dikota dapat mengangses computer dengan baik, lalu bagaimanakah nasib anak anak yang tinggal didesa.

    sebaiknya pelajaran TIK tidak dihapus, atau pelajaran TIK dapat ditambah dengan pengetahuan lain yang dapat meperbanyak kreatifitas, dalam pemahaman seseorang.

    Neni Ismiyanti / 9B / 25

    BalasHapus
  26. Saya tidak setuju jika mata pelajaran TIK di hapuskan. karena menurut saya pelajaran ini sangat penting untuk siswa seperti kami. Karena TIK memberikan berbagai macam pengetahuan dan wawasan yang sangat kami butuhkan. Bahkan dalam pelajaran yang lainnya kita masih membutuhkan ilmu-ilmu dari pelajaran ini, seperti saat kita akan membuat kliping atau makalah kita sangat atau bahkan harus menggunakan laptop/komputer/netbook dan lain-lain. padahal cara menggunakan alat-alat diatas terdapat didalam pelajaran TIK. Lalu jika TIK dihapuskan bagaimana kita dapat lebih lancar atau mudah untuk mengerjakan pelajaran lainnya?

    Selain itu TIK juga tidak hanya membahas tentang komputer yang menyangkut microsoft word, exel, dan power point saja. Melainkan lebih luas dari pada itu, TIK juga dapat membantu generasi muda untuk lebih berfikir modern dan lebih kreatif lagi. dengan adanya teknologi komputer dapat memungkinkan kita menjadi negara yang maju. Dan jika TIK dihapuskan negara indonesia masih akan menjadi negara yang terbelakang, karena generasi mudanya kebanyakan gagap teknologi. Apakah itu yang kita harapkan? tidak kan? jadi menurut saya TIK tidak seharusnya dihapuskan

    Krystanti Dwi U M / 9E / 22

    BalasHapus
  27. Pendapat saya,

    Saya tidak setuju, karena meskipun anak - anak jaman sekarang memang bisa menggunakan/ mengoprasikan internet (TIK) tetapi tanpa adanya pembelajaran dari guru - guru TIK maka yang terjadi adalah anak - anak malah menyalahgunakan penggunaan internet, seperti bermain game (Iya kalau game itu adalah game yang mendidik dan memberikan pelajaran yang bermanfaat untuk anak itu, tetapi bagaimana jika game itu malah merusak memori anak dan malah membuat anak kecanduan memainkan game itu? kan kasihan si anak, malah malas belajar dan menjadikan bodoh) dan termasuk bebasnya anak - anak mengupload video mesum tanpa merasa bersalah karena mereka tidak pernah diajarkan mengenai etika pemanfaatan internet. Kalau hanya sekedar bisa, semua mata pelajaran bisa dipelajari sendiri di jaman yang modern ini.

    Pandu Ahmad M / 9B / 27

    BalasHapus
  28. menurut saya Tidak seharusnya TIK itu di hapus karena tidak semua orang / masyarakat mengetaui atau tau tentang internet
    maka dari it kita perlu pembelajaran TIK, karena pembelajaran TIK menjelaskan pentingnya nternet pada kita karena kita dapat tahu bahwa tidak hanya 1 kegunaan internet melainkan masih banyak lagi
    jika seandainya TIK dihapus belum tentu juga orang- orang pedesaan dan anak cucu kita tau tentang internet
    sebaiknya Pembelajaran TIK tidak usah di hapus melainkan di tingkatkan lagi

    Hesti Aprillya/9E/17

    BalasHapus
  29. Saya tidak setuju TIK di hapus, karena dengan kita belajar TIK kita dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan teknologi. Dan dengan TIK juga kita dapat mengetahui cara menggunakan jejaring sosial untuk mencari informasi,berkomunikasi,dll. Jika TIK dihapus mungkin saat ini kita bodoh akan teknologi dan tidak tau bagaimana cara menggunakannya.


    Mauliyana Yuniar Rahma / 9E / 25

    BalasHapus
  30. pendapat saya kurang setuju , karena itu merupakan pelajaran yang salah satu nya di minati banyak siswa . Meskipun pelajaran tik akan di tiadakan , mungkin akan memberatkan beberapa siswa yang kurang mengerti akan teknologi ,

    BalasHapus
  31. Saya tidak setuju,jika TIK dihapus karena TIK sangat penting bagi semua masyarakat diseluruh penjuru dunia terutuma buat siswa karna TIK bisa membantu tugas sekolah.Tanpa ilmu pengetahuan TIK kita semua tidak dapat mempelajari atau mengenal cara-cara menggunakan internet dengan baik dan benar. dan bagaimana nasib anak cucu kami bila TIK dihapus?. Bagaimana negara kita Indonesia mau maju jika generasi mudanya tidak mengetahui tentang teknologi yang saat ini masih berkembang. negara kita gak boleh kalah dengan negara lain. Jadi,saya tidak setuju apabila pelajaran TIK dihapus ,sekian dari saya terima kasih


    Nofitasari/ 9E/30

    BalasHapus
  32. internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lain saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi.menurut saya ,internet itu selain sebagai sarana hiburan juga sebagai sarana pembelajaran ,internet juga bisa untuk mencari sesuatu dengan lebih mudah .mudah untuk di gunakan siapapun dan dimanapun,dari yang muda sampai yang tua ,internet bagi saya bermanfaat salah satunya untuk bergaul di dunia maya seperti facebook,twitter,onlain,saya tidak begitu bergantung dengan internet, saya lebih suka melihat informasi pada buku


    Maulidatus shofia /9E /24

    BalasHapus
  33. Saya tidak setuju,karena pelajaran TIK sangat penting bagi seluruh siswa siswa pelajar seperti kita. Dengan TIK kita lebih tau banyak pengetahuan tentang internet. Untuk belajar pun kadang kita menggunakan internet, untuk mencari informasi yang sulit. Kadang saya pun membuka internet untuk mencarinya. Dan jika pelajaran TIK harus di hapus bagaimana saya bisa tau tentang pengetahuan-pengetahuan lain yang saya belum mengerti ?? Dan mungkin saya bingung, saya masih pengajar untuk memberi pengetahuan yang saya belum tau.
    Dalam TIK juga dibahas tentang teknologi. Bukankah sekarang teknologi semakin berkembang, apalagi di zaman modern kini butuh banyak pengetahuan tentang teknologi. Kalau TIK di hapus mungkin pelajar kesulitan dalam menciptakan teknologi-teknologi baru di masa mendatang.
    saya sebagai pelajar kurang setuju kalau TIK harus di hapus di kurikulum 2013 ini.
    Sekian pendapat saya, terima kasih.. :)

    Niluh Putu C.R.S/IX C/25

    BalasHapus
  34. Saya tidak setuju , bagaimana nasib guru TIK, ketika mata pelajaran TIK tidak lagi menjadi mata pelajaran wajib.
    Kalau sampai TIK dihapuskan , tandanya kita hanya ingin menjadikan siswa hanya sebagai user karna siswa hanya mengerti penggunaannya saja tanpa memahami seluk beluk software dan kemungkinan aka tertinggal perkembangan tekhnologi yang terus update.
    Negara kita akan ketinggalan kecanggihan teknologi di negara luar. Karena kita tidak mempelajarinya lagi dan bias dibilang gaptek
    · Mungkin guru-guru TIK yang mengajar disekolah tidak dipakai atau mengajar lagi di sekolah itu
    · Hanya tau pengetahuan dasar saja sehingga jika ada salah satu siswa yang berminat bekerja di bidang yang menyangkut TIK mereka akan
    kewalahan untuk mempelajari teori-teori lanjutan karena tidak diajarkan.
    Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelajaran TIK tidak seharusnya dihapuskan dalam kurikulum 2013 karena TIK sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari dan TIK terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, jadi ketika kita tidak mengikuti perkembangan zaman tersebut, kita akan ketinggalan zaman.

    sekian dari saya
    Dea Safla P / 08 / 9C

    BalasHapus
  35. saya kurang setuju..
    menurut saya kurang seru jika pelajaran TIK di tiadakan,karena saya gemar pelajaran TIK, lagi pula, pelajaran TIK kan juga bisa menambah wawasan tentang tekhnologi...
    dan juga pelajaran TIK juga bisa membuat masyarakat indonesia tidak gaptek..


    Anggi Nur Alicha Puspitasari / 06 / IX C

    BalasHapus
  36. Beberapa alasan yang terungkap mengapa TIK/KKPI hilang dari Kurikulum 2013 ketika dialog dengan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (WAMEN) bidang Pendidikan dan Perwakilan PUSKUR (Pusat Kurikulum dan Perbukuan) diantaranya :

    1 “Anak TK dan SD saja sudah bisa internetan…”
    2 TIK / KKPI bisa integratif (terintegrasi) dengan mata pelajaran lain
    3 Pembelajaran sudah seharusnya berbasis TIK (alat bantu guru dalam mengajar), bukan TIK/KKPI sebagai Mata Pelajaran khusus yang harus diajarkan
    4 Jika TIK/KKPI masuk struktur kurikulum nasional maka pemerintah berkewajiban menyediakan Laboratorium Komputer untuk seluruh sekolah di Indonesia, dan pemerintah tidak sanggup untuk mengadakannya
    5 Banyak sekolah yang belum teraliri LISTRIK, jadi TIK/KKPI tidak akan bisa diajarkan juga disekolah

    Darimana anak TK/SD bisa main game dan berinternetan ? Bagaimana cara memanfaatkan TIK dengan baik dan benar ? Bagaimana etika penggunaan TIK dst… sulit bahkan tidak bisa didapatkan mereka dengan autodidak.

    saya sangat tidak setuju jika bidang study TIK harus dihapuskan. memang anak anak sekarang sudah pandai dalam menggunakan teknologi, namun itu tidak untuk semua anak. teknologi bukan hanya internet, namun juga tentang aplikasi-aplikasi atau perangkat-perangkat yang ada dalam komputer atau laptop. selain itu, dengan adanya bidang study TIK ini, seseorang atau masyarakat akan perlahan-lahan akan mengetahui bagaimana cara menggunakan teknologi yang baik dan mengetahui apa saja manfaat dari teknologi tersebut.

    Aidatul Fakhirah/02/IX-C

    BalasHapus
  37. saya tidak setuju dengan dihapusnya pelajaran tik, karena menurut saya zaman teknologi akan semakin canggih. kalo anak tidak belajar tik dari sekarang dia akan gaptek (tidak mengerti komputer). lebih baik pemerintah mempertimbangkan kembali soal ini, karena tidak semua anak mengerti komputer seperti Ms.Word dan PowerPoint. (saya tidak setuju dengan dihapusnya pelajaran tik, karena menurut saya zaman teknologi akan semakin canggih. kalo anak tidak belajar tik dari sekarang dia akan gaptek (tidak mengerti komputer). lebih baik pemerintah mempertimbangkan kembali soal ini, karena tidak semua anak mengerti komputer seperti Ms.Word dan PowerPoint.)
    ,Walaupun anak-anak sekarang sudah mahir menggunakan komputer tetapi mereka belum mengenal komputer secara lebih dalam , dan belum bisa menggunakan komputer dengan baik dan benar,apalagi sekarang kalu bekerja pasti slalu memggunakan komputer, banyak perusahaan-perusahaan membutuhkan karyawan yang mahir menggunakan komputer jadi pelajaran tik itu sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  38. saya tidak setuju, karena masih banyak murid yg membutuhkan bimbingan dari guru TIK untuk mengerjakan tugas online. selain itu tidak semua murid mahir dalam menggunakan komputer,terkadang juga masih banyak kesalahan dalam menggunakan komputer.

    pelajaran TIK membantu saya untuk memahami komputer dan cara menggunakannya dengan baik dan benar, jika pelajaran TIK dihapus bagaimana jika kita kesulitan dalam mengerjakan tugas makalah? bagaimana jika kita berkomunikasi lewat media sosial dengan teman? semua itu akan sulit dilakukan jika kita tidak tahu cara menggunakan komputer.

    dan jika pelajaran TIK ditiadakan maka mengapa ada komputer? aneh rasanya jika ada komputer tapi kita tidak tahu cara menggunakan komputer dengan baik dan benar. maka dari itu dengan sangat keberatan jika pelajaran TIK ditiadakan, karena pelajaran itu maish sangat bermanfaat untuk para pelajar.

    Fadhilah Putri D.P. / 11 / IX C

    BalasHapus
  39. saya tidak setuju kalau pelajaran TIK dihapus,karena pelajaran TIK sangat menyenangkan sekali.dengan adanya pelajaran TIK kita bisa belajar nengenai komputer.dan juga dapat menambah wawasan pengetahuan.dan banyak pula orang orangyang masih belum bisa memainkan komputer dan aplikasi lainnya.dan kalau pelajaran TIK dihapus maka semakin banyak orang yang tidak mengerti arti penting internet atau komputer.oleh karena itu pelajaran TIK jangan dihapus karna sangat penting untuk di pelajari.


    AHMMAD SAEFUDIN/9E/03

    BalasHapus
  40. saya tidak setuju jika T.I.K di hapus, karna masih banyak diluar sana orang yang masih tidak bisa mempelajari ilmu T.I.K dan berpotensi membuat anak-anak Indonesia kian konsumtif dan melemahkan kemampuan siswa untuk produktif dan menguasai TIK di era teknologi informasi dan komunikasi. mata pelajaran TIK seharusnya diperkaya. Pengayaan itu bukan hanya pengetahun teknis belaka, tapi materi tentang media sosial, UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE), bagaimana berinternet sehat, mengembangkan industri kreative melalui internet, bagaimana membuat blog, web, email, dan etika berbagi (sharing) di dunia maya."Nah sekarang di kurikulum 2013 nanti justru dihapuskan mata pelajarannya. Ini menyedihkan. Di mana tanggungj awab negara,"

    BalasHapus
  41. Saya tidak setuju,menurut saya pelajaran TIK itu sangat menyenangkan kita bisa tau hal apa saja yang ada di komputer dengan pelajaran TIK,saya bisa komputer lebih banyak karna saya belajar TIK.Meskipun sekarang adalah zaman yang canggih dan modern tapi tetap saja TIK itu masih sangat dibutuhkan.Banyak rakyat Indonesia yang belum mengerti komputer,bagaimana dengan generasi muda Indonesia jika kurikulum 2013 jadi menghapu pelajaran TIK............?
    Padahal di Indonesia teknologi sudah mulai berkembang dengan pesat ,bagaimana dengan nasib generrasi muda kita..........?
    Kita juga harus memikirkan nasib guru TIK.....!!!
    Bagaimana dengan nasib guru TIK yang tidak mempunyai ijazah?
    merika harus mengajar apa.....?
    Sedangkan guru TIK yang sudah punya ijazah mereka bisa bekerja atau mengajar apa saja sesuai dengan keahlian yang mereka punya.
    Jangan sampai Negara kita kalah bersaing atau ketinggalan dengan Negara lain karena ketinggalan teknologi hanya karena pelajaran TIK dihapus.
    SayaTIDAK SETUJU kalau PELAJARAN TIK DI HAPUS......!!!!!!!!!

    Dirin Panggaliningtyas/IX-E/10

    BalasHapus
  42. saya tidak setuju dengan ditiadakannya pelajaran TIK karena dengan di tiadakannya pelajaran tersebut membuat sebagian siswa atau / orang lain merasa dirugikan ,sebab bagi sebagian orang atau siswa lain yang belum mengetahui tentang penggunaan internet akan merasa kesulitan dalam mengetahui teknologi yang semakin hari semakin canggih .Khususnya bagi para pelajar ,mereka akan merasa kesulitan apa bila ketika oleh guru di beri tugas yang ada atau berhubungan dengan internet ,mereka akan merasa kesulitan karena tidak mengetahui tentang cara penggunaan internet tersebut .Maka dari itu seharunya pelajaran TIK tidak harus di hapus ,sebab memberikan banyak manfaat bagi para siswa / orang yang lain yang belum mengetahui tentang penggunaan internet ,termasuk bagi para generasi generasi yang akan datang agar mereka tidak merasa kesulitan .

    Ashraffi Ainun Deva / 9B / 06

    BalasHapus
  43. saya tidak setuju, karena mata pelajaran Tik itu sangat penting. apalagi sekarang zaman semakin canggih dan teknolgi semakin berkembang oleh karena itu jika mata pelajar tik dihapus maka banyak siswa/murid tidak mengerti tentang komputer atau teknologi bagaiman indonesia mau maju jika generasi mudanya tidak mengerti tentang teknologi yang semakin berkembang pesat ini,sedangkan pelajaran tik tidak hanya membahas tentang materi Ms Word, Ms Office, Ms Power Point dan yang berhubungan dengan pelajaran TIK.bagaimana jika para generasi muda yang akan lahir 20 tahun lagi bagaimana jika mereka tidak tahu/tidak mengerti tentang Ms Word, Ms Office, Ms Power Point dan yang berhubungan dengan pelajaran TIK
    jika TIK di hapus, indonesia akan semakin tidak maju dan ketinggalan zaman,
    indonesia jadi negara yang tertinggal dengan negara amerika,australia,israel,jepang,korea,dan lain -lain.
    M RIFQI FIRMANSYAH/8e/29

    BalasHapus
  44. saya tidak setuju, karena tanpa adanya pelajaran TIK semua orang pasti tidak akan bisa mengoprasikan komputer bahkan orang yang mahir dalam tehnik komputer pun harus mempelajari TIK dulu,mana mungkin orang langsung saja bisa memainkan komputer tanpa mempelajarinya terlebih dahulu. Dimana saja orang pasti mempelajari yang namanya pelajaran TIK itu,tanpa adanya TIK manusia tidak akan mengetahui cara mengakses internet atau mengoprasikan komputer...


    Muhammad Farahn Ardiansyah / 9E / 27

    BalasHapus
  45. saya netral saja , tik memang pelajaran yang sangat mengasikkan , sekaligus menjenuhkan .. karna dalam pembelajaran tik hanya diajarkan ya itu saja kurang meluas dalam pengajaranya... tetapi tik juga sangat dibutuhkan , didalam tik banyak sekali yang harus dipelajari contoh mudah yaitu microsoft exsel , power point microsoft word dll hanya saja hanya beberapa yang diajarkan...
    dalam tik sebenarnya masih banyak seperti cara membuat blog , akun2 tertentu , editer yang berada dalam multimedia pun juga ada...
    seperti namanya yaitu teknologi informasi dan komunikasi jadi masih sangat banyak informasi terupdate yang harus kita serap didalamnya...

    kevien milen dino /16/9b

    BalasHapus
  46. Saya tidak setuju dengan adanya penghapusan mata pelajaran TIK.. karena mata pelajaran TIK mengajarkan kita tentang mengoperasikan atau memprogam suatu komputer dengan tepat dan benar, bukan hanya itu saja dengan TIK kita dapat mengenal aplikasi atau progam yang telah tersedia di dalam komputer seperti miscrosoft office dll..
    Jika mata pelajaran TIK dihapuskan maka bagaimana dengan nasib generasi penerus, tentunya mereka akan gaptek, apalagi sebagian besar masyarakat di daerah pedesaan atau daerah terpencil sepenuhnya masih kurang /belum paham atau mengerti tentang TIK..
    Dan ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu negara..
    Sekian pendapat dari saya.. terimakasih
    Ovita Dewi Dharmayanti/9E/32

    BalasHapus
  47. Saya tidak setuju dengan adanya penghapusan mata pelajaran TIK.. karena mata pelajaran TIK mengajarkan kita tentang mengoperasikan atau memprogam suatu komputer dengan tepat dan benar, bukan hanya itu saja dengan TIK kita dapat mengenal aplikasi atau progam yang telah tersedia di dalam komputer seperti miscrosoft office yang dapat membantu kita membuat dokumen dll..
    Jika mata pelajaran TIK dihapuskan maka bagaimana dengan nasib generasi penerus, tentunya mereka akan gaptek, apalagi sebagian besar masyarakat di daerah pedesaan atau daerah terpencil sepenuhnya masih kurang /belum paham atau mengerti tentang TIK..
    Dan ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu negara..
    Sekian pendapat dari saya.. terimakasih
    Ovita Dewi Dharmayanti/9E/32

    BalasHapus
  48. menurut saya, sebaiknya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi jangan dihapuskan. karena masih banyak para pelajar yang belum menggunakan komputer dengan baik dan benar. meskipun pada zaman sekarang sudah canggih dan modern, pelajaran mengenai TIK ini masih diperlukan. mungkin anak-anak di daerah kota sudah banyak yang mengerti mengenai teknologi. namun lain ceritanya dengan anak-anak yang tinggal di daerah desa, masih jarang anak-anak yang mengerti mengenai teknologi di desa.apalagi dengan berkembangnya zaman yang semakin canggih di era globalisasi ini, teknologi akan terus berkembang. tentu saja generasi muda akan sangat membutuhkan pengetahuan tentang teknologi.

    pelajaran komputer semestinya jangan diremehkan. karena pelajaran TIK ini tidak hanya mempelajari mengenai komputer, tapi juga mempelajari wawasan mengenai internet, sosial media dan lainnya. pelajaran TIK juga merupakan pelajaran yang mengasyikkan. selain itu, jika TIK dihapuskan, akan sangat merugikan para pengajar mata pelajaran TIK. para pengajar akan menyia-nyiakan ilmunya dalam bidang teknologi dan mungkin akan kehilangan pekerjaannya. bangsa indonesia merupakan negara berkembang, salah satunya adalah teknologi, kalau misalnya TIK dihapus, bagaimana indonesia akan menjadi negara maju? mungkin indonesia akan kalah dalam bersaing dengan negara-negara canggih lainnya .

    kalau teknologi di hapus, bagaimana dengan generasi yang akan datang dimasa depan? mereka pasti akan membutuhkan banyak pengetahuan mengenai teknologi yang juga terus berkembang dari waktu ke waktu. apalagi Teknologi Informasi dam Komunikasi juga dibutuhkan oleh semua orang ketika telah bekerja/berkarier. pelajar seperti saya juga masih sangat memerlukan pemahaman yang lebih banyak lagi tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi. oleh karena itu, saya tidak menyetujui keputusan menteri pendidikan mengenai penghapusan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada kurikulum 2013.
    sekian dan terima kasih...

    Voni Osikawati H./34/9C

    BalasHapus
  49. saya kurang setuju,menurut saya pelajaranTIK sangat penting karena membantu saya dan teman-teman yang lain mengetahui cara menggunakan komputer atau aplikasi sosial lainnya.


    Dewi Mauliddya Sari /9G/07

    BalasHapus
  50. pendapat saya kurang setuju , karena itu merupakan pelajaran yang salah satu nya di minati banyak siswa . Meskipun pelajaran tik akan di tiadakan , mungkin akan memberatkan beberapa siswa yang kurang mengerti akan teknologi ,
    Cahya ayu rahmadhani / 9C / 07

    BalasHapus
  51. saya tidak setuju , menurut saya penghapusan mata pelajaran TIK tidak seharusya dilakukan, karena masih banyak orang di Indonesia yang tidak mengerti tentang internet, apabila TIK dihapus maka teknologi di Indonesia akan sulit berkembang. Negara Indonesia juga akan kalah bersaing dengan negara yang lain. TIK juga sangat penting bagi kita, selain untuk melakukan hubungan sosial melalui aplikasi sosial di internet, internet juga sangat penting karena dapat menambah wawasan masyarakat, oleh karena itu saya sangat tidak setuju apabila mata pelajaran TIK dihapus.



    Dila Safira / 9G / 08

    BalasHapus
  52. saya sangat tidak setuju, menurut saya penghapusan mata pelajaran TIK tidak seharusnya dilakukan, karena masih banyak orang di Indonesia yang tidak mengerti tentang internet, apabila TIK di hapus maka tenologi di Indonesia akan sulit berkembang. Negara Indonesia juga akan kalah bersaing dengan negara yang lain. TIK juga sangat penting bagi kita, selain untuk melakukan hubungan sosial melalui aplikasi sosial di internet, internet juga sangat penting karena dapat menambah wawasan masyarakat, oleh karena itu saya sangat tidak setuju apabila mata pelajaran TIK dihapus.



    Dila Safira / 9G / 08

    BalasHapus
  53. saya tidak setuju,karena menurut saya pelajaran TIK itu sangat berpengaruh bagi kemajuan anak bangsa yang tidak mengetahui akan teknologi, tetapi dengan adanya TIK maka pengetahuan kita akan teknologi semakin maju, dan bisa mengembangkan kreativitas dan pola berfikir kita semakin baik. sehingga mampu mengetahui perkembangan jaman (modernsasi). Teknologi informasi dan komunikasi bisa kita nikmati dalam berbagai bidang. salah satunya dalam bidang pendidikan. para siswa di zaman yang serba canggih ini dituntut bisa menguasai komputer dan internet.Kehadiran Teknologi informasi dan komunikasi, terutama komputer dan internet sudah lama dimanfaatkan oleh negara-negara maju. Misalnya, di negara seperti Inggris, Amerika, dan Jepang, teknologi informasi dan komunikasi digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah .

    Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Pesatnya kemajuan teknologi yang menambah disetiap sektor kehidupan masyarakat, telah menjadikan semua persoalan dapat ditangani secara mudah dan cepat, melalui sistem yang berbasiskan teknologi.

    Oleh karenanya, dunia pendidikan senantiasa dituntut untuk terus-menerus mengikuti alur perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian berkembang pesat, karena pendidikan yang tetap berkutat pada kurikulum yang kaku hanya akan menjadikan peserta didik gagap terhadap realita kemajuan teknologi yang semakin tak terbendung.
    dengan pemanfaatan teknologi di dalam dunia pendidikan, diharapkan akan mampu menggeser sifat pendidikan yang cenderung tertutup menjadi terbuka dan lebih proaktif, sehingga akan semakin mempermudah proses belajar mengajar menjadi lebih kreatif.

    Ajeng Eka Mulyani / IX G / 01

    BalasHapus
  54. Saya idak setuju pelajaran TIK dihapus dalam kurikulum 2013 (K13). Karena menurut saya pelajaran TIK ini sangat penting. Meskipun saya tahu adik2 kelas dibawah angkatan saya memang sebagian besar mengerti bagaimana cara mengoperasikan komputer/laptop ataupun memanfaatkan internet. Namun, mereka masih belum bisa memanfaatkan internet secara benar. Bahkan banyak dari mereka yang sering menyalah-gunakan internet dengan melihat pornografi dan meng-upload foto2/video yang tidak semestinya mereka miliki.
    Oleh karena itu pelajaran TIK masih sangat diperlukan.

    BalasHapus
  55. Saya tidak setuju jika bidang study TIK dihapus, karena agar kita mengetahui bagaimana menggunakan teknologi dengan benar dan baik terutama komputer. Kita juga bisa mengetahui berbagai perangkat yg ada di dalam komputer , mengetahui fasilitas - fasilitas dari internet yg tersedia di dalam 'google'.
    Kita juga bisa dapat ilmu pengetahuan yg lebih dalam lagi , tentang teknologi yg semakin maju. Didalam internet semua ilmu , gambar dll ada di situ . Kita juga dapat mempelajarinya dengan mudah dan mwnjdi semakin mengerti dan memahami tentang teknologi terutama teknologi komputer .
    Dan dengan kita mmpelajari TIK kita bisa mengetahui berbagai macam internet , sejarah internet , arti dari WWW dll . Dan kita juga yg tadinya tidak tahu menjadi tahu tentang teknologi - teknologi yg semakin berkembang dan kita juga tidak ketinggalan zaman di era modern ini .Dan tadinyapun saya tidak senang pelajaran TIK karena membosankan tetapi gurunya asyik saya menjadi senang belajar TIK , sayapun bisa menggunakan komputer dengan lebih baik lagi dan menggunakan internet dengan benar

    Suparmi/ IX G/ 33

    BalasHapus
  56. Tidak setuju .. Karena dengan pelajaran TIK kita bisa mendapat pengetahuan tentang penggunaan computer dan pengetahuan sehubungan dg teknologi informasi. Hal ini akan rangat bermanfaat apa lagi untuk mara depan kita, sepeti contohnya di dunia pekerjaan. Bila pelajaran TIK di hapus menurut saya itu akan sangat merugikan generasi muda.

    Gita Wulandari S/13/IXG

    BalasHapus

Terima Kasih telah mengunjungi blog kami, sangat senang kiranya anda menyembatkan alamat URL blog atau fFB anda.