15 Desember 2011

Filled Under: ,

Dilarang membawa HP di Sekolah....(peraturan atau bukan sih...?)

Sebenernya larangan membawa HP itu masuk peraturan sekolah g sih.....?
pertanyaan itu sering kali dilontarkan siswa-siswi espana.....
beberapa anak ada yang ketakutan dan kwatir ketika membawa atau mempergunakan hp karena takut ada guru lewat dan merampasnya.....tapi tidak sedirkit siswa yang nyantai dan nyaman2 aja ber hp ria...
bahkan sering terlihat pemandangan siswa yang lagi main hp dan hanya dibiarkan saja oleh bapak atau ibu guru
kalaupun ada beberapa guru yang merampas, pulang sekolah juga dikembalikan lagi dan tidak ada sanksi khusus....
dan besoknya tidak ada perubahan pada siswa yang bersangkutan....
lantas peratuan ini bener ga sih.....?



pertanyaan ini sering masuk ke kotak redaksi dan kami bingung juga mau menjawabnya bagaimana.....
nah bagaimana menurut kalian........?

8 komentar:

  1. menurut saya, peraturan tersebut sudah benar. hanya saja, sanksi untuk yg melanggar peraturan tersebut perlu dipertegas/diperberat. contohnya : memberi sanksi kepada siswa yg membawa HP ke sekolah dengan cara menyita HP tersebut sampai akhir bulan misalnya. sehingga siswa tidak akan menganggap remeh peraturan tersebut dan benar-benar menaati peraturan tersebut karena takut HP nya di-sita oleh sekolah berhari-hari/berminggu-minggu.

    aturan pelarangan membawa HP di sekolah sebaiknya dipertahankan. jangan sampai dihapuskan. karena tugas siswa adalah belajar. bukan bermain HP di sekolah.


    oleh : Kharisma Oktavianing Herwanda
    kelas : 9D
    nomor absen : 16
    blog : http://kharismaherwanda.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. HP,terkadang nyaman buat kita belum tentu nyaman bagi orang yang deket kita. Guru-guru menbuat peraturan seperti itu karena terkadang jika mereka menerangkan siswa malah asyik maen hp.HP bagi siswa sangat penting karena pada masa ini komunikasi yang paling mudah juga murah adalah HP,mungkin jika yang termurah adalah laptop mungkin mereka akan membawa laptop tersebut.HP bagi sebagian siswa untuk sarana telekomunkasi dengan orang tua jika mereka sudah pulang sekolah dan jarak rumah ke sekolah terlampau jauh dan harus dengan komunikasi dengan orang tua.

    Guru jika pada sqaat jam pelajaran tidak jarang memegang HP dan memainkannya sehingga menbuat pikiran di benak siswa "gurunya aja boleh memainkan HP kenapa saya sebagai siswa tidak boleh?". Jadi jangan heran jika siswa memainkan HP itu karena mereka iri melihat guru memainkan HP didepan siswa.

    Jika siswa tidak boleh membawa HP seharusnya ada contoh terlebih dahulu. Misalkan siswa tdak diperbolehkan membawa HP seharusnya guru pun juga. Guru kan sudah kawin jadi untuk apa telpon-telponan atau smsan dengan suami. Sedangkan murid-murid masih pacarn. Hehehehehe,,

    BalasHapus
  3. menurut saya,peraturan tidak boleh membawa hp di sekolah itu harus di pertahanin,dan juga pihak sekolah harus mengadakan peringatan,jika siswa-siswi tersebut masih saja memainkan hpnya pada saat jam sekolah.pihak sekolah seharusnya mengadakan razia hp yg sebelumnya sudah di bicarakan,supaya siswa-siswi dapat mengerti dengan peraturan yg berlaku.
    memang hp penting untuk berkomunikasi dengan orang tua di saat usai pelajaran.bagi mereka yang sudah mendapat persetujuan dr orang tua maupun sekolah.namun mereka yg tidak mendapat persetujuan,justru yg sering melanggar peraturan tersebut.
    jadi,tolong bagi para siswa-siswi harap mentaati peraturan,demi kita semua...

    BalasHapus
  4. Menurut saya,
    hp itu suatu kebutuhan pak
    jadi boleh saja di bawa asal tdk menggangu pelajaran

    BalasHapus
  5. Menurut saya hape boleh saja di bawa asal kan siswa tau waktu dan tempat yang pas untuk menggunakanya,
    jika tidak maka sanksi harus dilakukan

    BalasHapus
  6. apa sih masalah guru-guru yang sibuk ngurusin para siswanya yang bawa hp?
    padahal gurunya sendiri bawa hp.
    apalagi saat guru menerangkan lalu hpnya bunyi terus di angkat itu juga menganggu proses pembelajaran kan?
    jadi guru-guru juga harus di larang bawa hp

    BalasHapus
  7. harusnya tuh pemerintah sadar, jangan cuman siswa yang dilarang guru juga harus dilarang!
    gimana nggak proses PBM berlangsung..
    ada yang nelfon gurunya
    pasti di angkat
    itu juga menganggu proses PBM kan ?
    berarti bukan hanya siswa yang salah guru juga salah tuhhhh

    BalasHapus
  8. Hp diciptakan sebagai alat komunikasi, komunikasi sama dengan silaturahmi, apabila dilarang sama dengan memutus tali silaturahmi, kita harus berfikir secara positif manfaat hp tersebut, jangan yg dibesar2kan segi negatifnya saja, jika ada keluarga sakit atau kecelakaan kl ada hp kan bisa lebih cepat di tangani, apa sekolah siap menyediakan operator yg selalu stand by setiap saat kl ada keluarga siswa yg menelpon ke sekolah?

    sy sebagai guru TIK sangat tidak setuju, apalagi di dalam sy mengajar ada materi tentang koneksi internet melalui hp.

    Boleh melarang asal jangan secara global atau pukul rata, harus ditinjau dahulu, misalkan siswa dilarang menggunakan HP disaat pelajaran dimulai, lalu siswa boleh menggunakan hp di saat istirahat saja, jika melanggar dikenakan sangsi atau disita hpnya, itu sy setuju, jadi jangan yg bawa hp tp tidak digunakan pada saat pelajaran / disimpan dlm tas, di sita juga hpnya, itu yg sy sangat tidak setuju.

    tidak semua faktor penurunan tingkat belajar siswa disebabkan oleh hp, yg harus dibenahi adalah perilaku / pribadinya, bukan bendanya.

    terima kasih, mohon maaf apabila ada kata2 sy yang kurang berkenan...

    BalasHapus

Terima Kasih telah mengunjungi blog kami, sangat senang kiranya anda menyembatkan alamat URL blog atau fFB anda.